Pepes dan Walahar

WALAHAR – Walahar merupakan salah satu kawasan di pinggiran karawang. Sebuah desa dengan luas 209 ha2 yang terletak di kecamatan klari kabupaten karawang . Berbicara tentang Walahar, tidak lengkap rasanya jika tidak membahas kuliner yang terkenal dari daerah ini, yaitu pepes jambal. Wisatawan yang berkunjung dapat degan mudah menjumpai kuliner pepes jambal dan aneka ragam pepes lainnya di sekeliling Walahar.

Beberapa rumah makan pepes terkenal telah menjadi simbol lokasi Walahar yang rasanya tidak dapat dipisahkan jika berbicara tentang Walahar. Rumah makan pepes Hj. Emin, merupakan salah satu rumah makan pepes yang terkenal di Walahar.  Berdiri sejak tahun 1999 rumah makan ini awalnya merupakan warung nasi, baru di tahun 2004 rumah makan ini berubah menjadi rumah makan pepesan.

Dalam sehari, rumah makan ini dapat memproduksi 1 kuintal ikan patin saat hari kerja dan 3 kuintal di akhir pekan untuk diolah menjadi pepes jambal. Selain menjual pepes jambal yang terkenal, rumah makan Hj.Emin ini juga menjual aneka ragam pepesan lainnya. Seperti, pepes ayam, pepes ikan mas, pepes tahu, pepes oncom dan pepes peda. Terletak di Jl. Bend. Walahar No.65, RT.6/RW.2, Walahar, Klari, Kabupaten Karawang, Jawa Barat 41371, pengunjung dapat menjumpai rumah makan ini dengan mudah karena letaknya yang stategis, tepat di pinggir jalan.

Berbeda dengan pepes pepes lain yang ada di Walahar, pepes jambal Hj. Emin menawarkan sensasi makan yang berbeda. ketika pengunjung tiba, mereka akan mengambil sendiri jambal yang diinginkan dan disajikan dalam nampan sebagai alas jambal, kemudian nasi akan disajikan dalam bakul-bakul kecil dan disajikan bersamaan dengan 1set lalapan komplit dengan sambal lengkap dengan teh tawar panas.

Untuk harga jual, pepes di rumah makan ini menawarkan harga yang cukup terjangkau. Untuk 1 pepesan jambal, dipatok dengan harga 10.000 rupiah sementara untuk pepes ayam seharga 17.000.

 

Penulis: Irene Putri Sugiharti
Fotografer & Videografer : Virgian Jedi

Spread the word. Share this post!

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: