Kerajinan Eceng Gondok: Potensi Ekonomi Kreatif

WALAHAR – Walahar selain terkenal dengan kuliner pepes dan bendungan walaharnya, juga memiliki kerajinan tangan unik yang patut dijadikan pilihan buah tangan ketika berkunjung ke Walahar. Kerjaninan tersebut merupakan kerajinan eceng gondok yang dapat ditemui di Galeri Putri Eceng . Ibu Ina pemilik dari Galeri Putri Eceng merupakan satu-satunya pengerajin yang berada di daerah Walahar. Dibantu sekitar 15 pegawai lepas, Ibu Ina dapat memproduksi hingga 1000 buah kerajinan eceng gondok berbentu goodie bag dalam sebulan.

Ibu Ina, pengerajin eceng gondok sekaligus pemilik Galeri Eceng Puteri, saat ditemui di galerinya Kamis, 1 November 2018

Lokasi Galeri Putri Eceng dapat ditemui persis sebelum bendungan Walahar yang terkenal, di pinggiran aliran sungai Citarum. 5 tahun berdiri, eceng gondok yang ada di tempat ini masih dipasarkan secara manual lewat mulut ke mulut serta pameran-pameran yang diadakan berbagai pihak. Saat ini, perlahan kerajinan eceng gondok ini mulai merambah pasar internasional seperti, Jepang, Cina, Korea dan Jeman.

Sesuai namanya, kerajinan di tempat ini semuanya berbahan dasar eceng gondok. Walaupun mengambil bahan baku di luar Walahar, namun proses pengerjaan, peranngkain kerajinan semuanya dikerjakan di Walahar. Proses pembuat kerjaninan ini cenderung panjang, dimulai dari pengambilan bahan baku, pengeringan bahan baku, proses sortir, hingga proses pengguntingan, pengeepresan, pengkepangan sesuai dengan bentuk kerajinan yang akan dibuat. Walaupun hampir seluruh proses pengerjaan dilakukan manual dan tradisioanl,  namun hasil kerajinan ini cukup bersaing dengan hasil kerajinan modern.

Kerajinan eceng gondok hasil produksi Galeri Putri Eceng di pamerkan di Etalase yang berada di galerinya

Ditempat ini, olahan eceng gondok dapat ditemui dalam beragam bentuk seperti tas, kotas tisue, goodie bag, hingga furniture kursi dan meja. Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau dan beragam. 1 buah goodie bag dapat Anda bawa pulang dengan uang 25.000 sementara untuk 1 set kursi lengkap dengan mejanya, dapat Anda bawa pulang dengan uang 5.000.000.

 

Penulis: Irene Putri Sugiharti
Fotografer & Videografer : Virgian Jedi

 

Spread the word. Share this post!

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: