Pemdes Walahar Bangun Jalan Duren

WALAHAR — Kades Walahar melakukan kunjungan dan kontrol terhadap pembangunan jalan yang sedang dilakukan di Jalan Duren (30/10).

Jalan yang dibangun sepanjang 41 meter itu dilakukan untuk warga sebagaimana yang sudah dicanangkan dalam program dana desa tahap 2.

Pembangunan yang memakan waktu hanya satu hari ini dilakukan secara swadaya oleh masyarakat.

“Ini pekerjanya ya dari masyarakat kita sendiri, misalnya ini kan bangun jalan di RT 06, ya warga RT 06 yang kerja bakti bikin jalan, dananya dari pemdes,” kata Kepala Desa Walahar, Sardi Anwar.

Menurutnya, pembangunan jalan seperti ini harus dari usaha warganya sendiri, untuk mempertahankan kebiasaan yang sudah ada. Selain itu, rencana pembangunan di RT 06 ini adalah sepanjang 100+ meter.

“Karena kan bangun jalan ini buat warga juga, untuk mempermudah akses masuk ke gang, tapi walaupun kita bangun sendiri, kita tetap ikuti peraturan dari pemerintah,” tutur Sardi.

Untuk membangun jalan ini, warga harus terlebih dahulu mengajukan proposal pembangunan jalan, kemudian dilaksanakan musyawarah dusun, musyawarah rencana pembangunan desa, hingga sampai ke kesimpulan, di mana akan ditentukan jalan mana yang menjadi prioritas.

Kepala Desa pun harus teliti dalam menentukan jalan mana yang menjadi prioritas untuk dibangun, karena menurutnya apbdes untuk Desa Walahar tidak besar.

“Memang APBDes Walahar tidak besar, itu karena Desa Walahar sudah dianggap lebih maju daripada desa lainnya, jadi semakin maju desanya, anggarannya pun semakin kecil,” ujarnya bangga.

Dalam dana desa tahap dua juga ada pembelian ambulans, nantinya ambulans ini diharapkan bisa berguna untuk penanganan cepat tanggap bagi warga desa yang membutuhkan. Bagi warga desa yang membutuhkan, bisa langsung menghubungi Sekretaris Desa Walahar, Yoyon Haryono, di nomor  085716976661.

Selain dari anggaran tahunan, dana desa juga didapat dari dana aspirasi melalui dana hibah anggota dewan. Setelah itu pembangunan juga harus dilaporkan ke pendamping desa, kecamatan, DPMD, dan swasta. Demikian yang dikatakan Sardi.

Penulis       : Wilfridus Andrew Francois
Fotografer : Daniela Dinda A.

 

Spread the word. Share this post!

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: